1. Kekuasaan dipegang penuh oleh umat islam.
2. Masyarakat ikut berperanan dan bertanggungjawab.
Umat ( rakyat ) yang menentukan piilihan terhadap jalannya kekuasaan, dan persetujuannya merupakan syarat bagi kelangsungan orang – orang yang menjadi pilihannya. Mayoritais Ahlu – Sunnah, Mu’taszilah, Khowarij, dan Najariyah mengatakan :
”Sesungguhnya cara penetapan Imamah atau kepemimpinan adalah melalui pemilihan dari umat."
Dengan demikian, umat merupakan pemilik kepemimpinan secara umum, dia berhak memilih bab mencabut jabatan Imam ( pemimpin ). Dengan kata lain, umat adalah pemilik utama kekuasaan tersebut .
Penegakan agama, pemakmuran dunia, serta pemeliharaan atas semua kemaslahatan umum merupakan tanggungjawab umat dan bukan hanya tanggungjawab penguasa saja. Dalil yang memperkuat hal itu adalah bahwa Al – Qur’an telah berbicira tentang peranan atau ( tugas ) tersebut kepada umat manusia dalam beberapa ayat, diantaranya :
“ Hai orang – orang yang beriman, hendaklah kamu menjadi orang – orang yang selalu menegakkan ( kebenaran ) kerana Allah, menjadi saksi dengan dalil ( Qs. Al – Maidah : 8 ).
Ayat Qur’an diatas memerintahkan pembentukan masyarakat yang anggotanya saling memenuhi kepentingan antara yang satu dengan yang lainnya serta mengerahkan semua kekuatannya untuk melakukan perbaikan dan reformasi, iaitu melalui pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar. Pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar merupakan sesuatu yang dapat membendung semua aktiviti masyarakat dari kemungkaran – kemungkaran yang terjadi di semua tempat, sampai kemungkaran yang dilakukan oleh penguasa dan orang bawahannya, sehingga Imam Ghazali menganggapnya ( amar ma’ruf nahi munkar ) sebagai kutub agama yang terbesar dalam agama.
3. Kebebasan adalah hak bagi semua orang.
Tanggapan manusia akan kebebasan dirinya merupakan wajah lain dari akidah Tauhid. Pengucapan dua kalimah Syahadah yang menjadi ikrar pengabdian dirinya hanya untuk Allah Swt semata, dan juga kebebasan dirinya dari segala macam kekuasaaan manusia.” Allah Swt telah membuka jalan kepada kita menuju kehendak – Nya saja, tapi Dia tidak memaksa kita untuk berjalan sesuai dengan kehendak tersebut. Dia memberikan kebebasan kepada kita untuk memilih. Dengan demikian, jika menghendaki kita dapat memilih jalan sesuai dengan syari’at, sebagaimana kita juga dapat menempuh jalan yang bertentangan dengan perintah – Nya serta mengabaikan syari’at – Nya . Tetapi kita akan menanggung akibat dari semua tindakan kita tersebut, kerana bagaimanapun wujud pilihan tersebut akan berbalik kepada kita.
Diantara tanggapan kebebasan yang terpenting adalah kebebasan memilih dan berpendapat. Menurut Al –Qur’an tidak ada paksaan, sebagaimana tertulis dalam beberapa ayat yang berbunyi : “ Tidak ada paksaan untuk ( memasuki ) agama ( Islam) sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari jalan yang sesat . “ ( Qs. Al – Baqarah : 256 ).
Dengan demikian, ketentuan islam tentang kebebasan berkeyakinan adalah larangan bagi manusia untuk mempersempit seseorang hanya kerana ia berakidah lain dan berusaha untuk melaksanakan akidahnya kepada orang tersebut . Pemakasaan suatu akidah merupakan suatu hal yang mustahil dan penghinaan tehadap orang lain kerana akidahnya merupakan suatu hal yang tidak dapat diterima sama sekali.
Kebebasan politik merupakan istilah moden, kecuali hanya cabang dari pokok kebebasan universal yang diberikan islam, iaitu kebebasan manusia dalam kedudukannya sebagai manusia, yang telah ditetapkan dengan nash – nash baik dalam Al – Qur’an mahupun dalam Hadis. Sebagai dalil yang memperkuat hal tersebut, kita dapat sebutkan sebuah Hadis Rasulullah Saw . Yang disampaikan kepada para sahabatnya,
“ Janganlah sekali – kali salah seorang diantara kalian tidak berpendirian, ia mengatakan aku bersama – sama dengan banyak orang, apabila mereka baik , maka aku baik dan apabila mereka jahat, maka aku pun jahat."
4. Persamaan diantara
semua manusia.
Sesungguhnya nenek moyang kita adalah satu. Kesemuanya diciptakan min nafsin wahidah ( dari diri yang satu ) ( Qs. An- Nisa’ : 1 ). Dan semuanya mendapat perlindungan dan penghormatan yang telah ditetapkan dalam Al – Qur’an tanpa melihat kepada agama atau bangsa. Rasulullah Saw, sendiri pada khutbah Wada’ telah mengisyaratkan kepada makna kesatuan asal manusia . Beliau bersabda, ” Ketahuilah, sesungguhnya Tuhan kalian adalah satu, dan ketahuilah bahwa Bapak kalian juga satu .”
Sedangkan di Al- Qur,an juga difirmankan : “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang lelaki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku – suku supaya kamu saling mengenal . Ssesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengenal ( Qs. Al – Hujurat : 13 ) .
Secara lahiriyah, ayat tersebut ditujukan kepada seluruh umat manusia. Ayat tersebut diberikan penceramah oleh Ustadz Muhammad Izzah dalam bukunya Al – Dustur Al – Qur’ni. Dia mengatakan, Ayat tersebut dimaksudkan sebagai ketetapan tidak adanya perbezaan diantara sekalian manusia, dengan sebab apapun.
Sedangkan takwa yang diisyaratkan ayat diatas sebagai suatu keutamaan sebahagian manusia atas yang lainnya tidak mempunyai pengaruh terhadap dasar persamaan dalam kehidupan manusia didunia, kerana pengutamaan dengan takwa tersebut akan diperhitungkan diakhirat dan bukan didunia, dihadapan Allah Swt. Dan bukan diantara manusia yang demikian itu tidak dapat digambarkan bahawa hal itu memiliki faktor terhadap aplikasi kaedah – kaedah syariat dalam kehidupan seluruh manusia. Dengan kata lain, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap penerapan dasar – dasar persamaan dihadapan hukum yang telah ditetapkan oleh nash – nash syariat.
5. Kelompok yang berbeza juga memiliki legaliti.
Sejak diputuskannya kesatuan dasar kemanusiaan dan ditetapkannya kehormatan bagi setiap orang didalam Al – Qur’an, setiap orang lain berhak mendapatkan perlindungan dan legaliti sebagai manusia, ketika Nabi Muhammad Saw berdiri sebagai penghormatan atas seorang mayat yang diusung dihadapan beliau, dikatakan kepada beliau bahawa mayat yang diusun dihadapan beliau adalah orang Yahudi, maka beliau menjawab, “ Bukankah ia manusia ?” Demikian halnya ketika Ali bin Abi Thalib r.a mengirim surat kepada gabenornya di Mesir, Malik Al Asytar, beliau menulis dalam surat tersebut : ” Tanamkanlah dalam hatimu kasih sayang, cinta, dan kelembutan kepada rakyatmu. Sesungguhnya mereka ada dua golongan, baik mereka sebagai saudara dalam agama, atau fitrah sesama makhluk
6. Kezaliman mutlak tidak
diperbolehkan dan usaha meluruskannya adalah wajib.
Dalam islam, kezaliman tidak hanya termasuk dalam kemungkaran dan dosa terbesar saja, juga tidak hanya merosak kemakmuran, sebagaimana yang dikatakan Ibnu Khaldun. Tetapi lebih dari itu, kezaliman merupakan tindakan yang memperkosa hak Allah Swt dan menghancurkan nilai – nilai keadilan yang meerupakan tujuan dari diutusnya Rasul dan Nabi.
Allah Swt berfirman :” Agar membeeri peringatan orang – orang yang zalim dan memberi kabar gembira kepada orang – orang yang berbuat baik”. ( Qs. Al – Ahqaf : 12 ).
Nabi Muhammad Saw bersabda : ” Seutama – utama jihad adalah mengatakan yang hak kepada penguasa zalim”.
7. Undang – undang diatas segalanya .
Legaliti kekuasaan dinegara islam tegak dan berlangsung dengan usaha mengimplementasikan sistem undang – undang islam secara keseluruhan, tanpa membezakan antara hukum –hukumnya yang mengatur tingkah laku seorang muslim dalam kedudukannya sebagai anak bangsa dan hakim dengan nilai – nilai pokok dan tujuan – tujuannya yang mulia, yang telah disebutkan didalam Al – Qur’an dan Hadis.
Pada tingkat yang lebih tinggi, norma – norma syariat dan ketundukan semua orang terhadapnya, baik dari pihak penegak mahupun pelaku hukum itu sendiri harus mendapatkan tempat yang lebih tinggi dari undang – undang, kemandirian referensi syariat pada kekuasaan negara dan penegak hukum meberikan jaminan penting dalam melawan keselewengan kekuasaan eksekutif, khususnya dinegara – negara berkembang, dimana kekuasaan tersebut adalah pengambil keputusan parlimen serta menjalankannya demi tercapainya keinginan – keinginan mereka sendiri .
NOR SYAFIKA AMIRA BINTI AMRAN 19DIP12F2020
No comments:
Post a Comment